Berisi kumpulan pantun cinta, pantun lucu, pantun romantis, pantun nasehat, pantun anak anak, pantun jenaka, pantun gombal, contoh pantun LENGKAP

Saturday, August 19, 2017

Pengertian Pantun Dan Kumpulan Pantun Terbaru Terlengkap

Hobi Pantun - Jangan sekedar hobi pantun aja perlu juga kita tahu tentang apa itu pantun? dan apa pengertian pantun yang sebenarnya.?

Pantun pada umumnya adalah bentuk puisi lama yang terdiri dari empat larik, berima silang (a-b-a-b), irama yang indah, dan memiliki makna yang tersirat di dalamnya. Pantun merupakan puisi lama melayu Indonesia yang berasal dari bahasa jawa kuno yaitu "tuntun", yang berarti mengatur atau menyusun. Pada awalnya, pantun merupakan karya sastra Indonesia lama dengan pengungkapan secara lisan, tetapi seiring berkembangnya zaman pantun kini telah diungkapkan secara tertulis. 

Di era modern ini pantun sering kali digunakan sebagai media untuk menghibur ataupun menegur. Pantun merupakan ungkapan perasaan dan pikiran yang terucap dengan susunan kata-kata yang indah untuk didengar ataupun dibaca hingga sedemikian rupa sehingga sangat menarik perhatian banyak orang. Pantun juga merupakan ciri khas tersendiri bangsa Indonesia dalam mendidik dan menyampaikan hal-hal yang bermanfaat kepada orang lain.

Itulah beberapa pengertian pantun yang perlu kita ketahui sedangkan kumpulan pantun bisa anda lihat di bawah ini:

Contoh Pantun Jenaka

Jalan-jalan ke Ibu Kota
Kota Jakarta penuh makna
Siang malam naik kereta
Kejar kereta tanpa celana

Nasi uduk masih anget
Belinya di pinggir jalan
Yang pegang handuk manis banget
Boleh gak kita kenalan

Nah itu 2 contoh pantun jenaka. Kalau mau baca lagi pantun jenaka lihat di bawah ini
Contoh Pantun Jar jit teman upin ipin

Dua tiga bulu tangkis
Kalau kalah jangan menangis

Dua tiga ada gigi
Lain semua takda

Dua tiga burung kenari
Saya tidak mengerti

Kalau sering nonton upin ipin pasti tahu nich pantunnya hehe. Sekarang kalau mau baca pantun jar jit lebih banyak silahkan tengok ke bawah:
Contoh Pantun Betawi

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti

Ayam bangkok dibawa atun
Tiap pagi dimandiin
Kalau iseng nyok kite bepantun
Ampe pagi ane lanyanin

tukang kembang buang angin
Kembang kuncup pade bertaburan
Klo emang abang mao nantangin
Eh aye sanggup biar ade perlawanan

Ijo ijo daun rambutan
Jatoh diatas rerumputan
Biar betawi ato bukan
Sering-sering aje ente pade keliatan…

Mau baca patun betawi lebih banyak lagi. Silahkan lihat di bawah ini:
Baca juga: Kumpulan Pantun Betawi 
 Contoh Pantun Romantis buat Kekasih

Anak kecil main layang-layang
Putus benang di ujung belati
Setiap hari mabup kepayang
kalo tak jumpa si jantung hati

Titik embun di atas daun
Bikin sejuk dan indah taman
Cinta kita dapat bertahun
Selama hayat masih di badan

Di India ada Himalaya
Banyak kawat dijadikan paku
Kalo kamu benar-benar cinta
Buatkan menu spesial untukku

Di sana ada musibah
Mendengar hati terasa pilu
Bila hatimu telah berubah
Segeralah mencari aku

Itu dia di atas contoh pantun romantis. Nah lebih lengkapnya anda bisa baca lagi pantun romantis di bawah ini.

Mana Manggung, mana Periaman
Mana batu kiliran taji
Tinggal kampung tinggal halaman
Tinggal tepian tempat mandi

Bintang Barat terbit petang
Bintang Timur terbit pagi
Jika tidak melarat panjang
Ada umur ketemu lagi

Dari mana hendak ke mana
Tinggi ruput dari padi
Tahun mana bulan mana
Dapat kita berjumpa lagi?

Dian tiga lilin pun tiga
Tanglung tergantung rumah laksamana
Diam juga sabar pun juga
Ada umur tidak ke mana

Itu dia beberapa contoh pantun perpisahan. Mau pantun perpisahan lebih lengkap?

Baca juga: Kumpulan Pantun Perpisahan Paling Lengkap


Nah itu dia beberapa contoh pantun dan kumpulan pantun paling lengkap. Sebenarnya masih banyak pantun yang belum sempat di bahas pada artikel ini. Tapi sekiranya teman teman semua bisa cari dalam blog ini atau akses di http://hobipantun.blogspot.com


Saya akhiri artikel tentang Pengertian Pantun Dan Kumpulan Pantun Terbaru Terlengkap. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Halaman Selanjutnya:


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Pantun Dan Kumpulan Pantun Terbaru Terlengkap