Berisi kumpulan pantun cinta, pantun lucu, pantun romantis, pantun nasehat, pantun anak anak, pantun jenaka, pantun gombal, contoh pantun LENGKAP

Thursday, March 9, 2017

Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem

Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem - Pada kesempatan yang lalu kami sempat membagikan kumpulan Pantun Palang Pintu Betawi Rawa Belong Lucu tapi belum selesai. Tepat banget sebelum adegan berantem. Kalau mau kilas balik lagi, sebenarnya budaya pantun palang pintu di daerah Betawi ini bermaksud menunjukan bahwa anak daerah Betawi itu jago beladiri dan pandai agama yakni mengaji.

Nah, pantun adat Betawi palang pintu berantem ini biasanya dipertunjukan saat ada hajatan ataupun pesta pernikahan. Bagi Anda yang penasaran tentang kumpulan pantun adat Betawi palang pintu berantem, yuk langsung saja kita simak lanjutan pantun dari artikel sebelumnya. Selamat menikmati ya...

PANTUN ADAT BETAWI PALANG PINTU BERANTEM


Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem
Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem

Bang.. kalo kedipin mata mo cari menantu... lu kudu cerita biar orang pada tau... Eh bang.. jangan kata palang pintu.. Palang kereta gua bejek jadi tahu...

(ngomong ke temennye) Ehh busehh.. sakti ini orang bang ya... palang kereta dijadiin tahu... Buka bang.. kasih liat ke dia, kita punya maenan..

Bang.. beli gado-gado di bambu apus.. naek sepeda lurus jalannye.. Berapa banyak jago yang udah gua bikin mampus... ini dia bang jurus pukulannye... (Ngeluarin jurus-jurusnye...)

(usai unjuk permaenan)... ini baru daonnye, belom buahnye...

Pegimana bang ?? kalo luh takut mendingan luh pulang...

Eiittt… Ntar dulu bang… Kalo kuda lumping nyari menantu.. Jangan lupa senyum simpulnya... Kalo abang punya palang pintu... Nih udah kita siapin tukang pukulnya... (ngomong ama Jago 1) Unjukin bang, biar dia pada jiper ngadepin kita...

Bang.. Jalan-jalan ke Tanjung Pasir.. Naek kuda jalannya pelan… Ehh mendingan lu pada minggir… Sebelon kena gua punya pukulan… (keluarin jurusnya..) Tuh bang… kalo lu daonnye… ini gua kembangnye..

(setelah Jago 1 keluarin jurusnya).. Bang.. Daon pepaya rasanye basi... Jangan dibuang ke pinggir kali.. Maenan sodara kayak kelenci.. mendingan pulang nikahin banci...

Bang,,, Perahu layar jalannye lurus... sampe tenabang jalannye muter.. Waktu saya ngeluarin jurus.. Temen abang ngapa badannya gemeter... (sambil nunjuk P. Pintu 1).

Ehh.. bang.. Burung puter mati di lobang... dikuburnye di samping gudang... Gua gemeter bukan karena abang... Gua gemeter lantaran banyak perawan nyang pada mandang....

Cuiihhh... eh Bang.. Cilincing pagernye tembok... emping ninjo kayak duit gobangan... Ehh lu kencing kaga cebok… Laler ijo pada kondangan..

Cilincing emang pagernya tembok.. Orang baru gua kelarin... Lu liat gua kencing kaga cebok... Lantaran baba luh yang ngajarin..

Lu jangan bawa-bawa baba gua... kita berantem ajah dah..

Jadi lu ngajakin gua bekelai ?? bek kalo gitu, gua kepengen tau sampe dimana lu punya maenan ??

Akhirnya mereka berdua (P.Pintu 1 dan Jago 1) saling bekelai. Dan pada pertandingan itu dimenangkan oleh Jago 1 dari pihak besan laki-laki.

Akhirnya perkelahian yang pertama dimenangkan oleh jago 1 dari pihak besan laki-laki. Pantun Betawi Rawa Belong Berantem ini belum selesai. Mari kita simak bersama lanjutan pantun Betawi palang pintu berantem berikut ini.

(ngomong ama P. Pintu 1), Ahh... payah lu ah... ama dia ajah bisa kalah.. Kapan semalem badan lu udah diisi...

Ama jimat bang ??

Lha itu nasi sebakul, semalem siapa yang ngabisin ???

Diem-diem ajah ngapah bang.. jangan disebut2, jadi malu gua...

(ngomong ama penganten lelaki).. Tenang aja bang... lu bakal jadi kawin bang... (ngomong ama P. Pintu).. Bang, masing ade jagoan lu ??

masing banyak bang.. ntar kalo abis, gua pake palang kereta..

ehh buseh.. palang kereta..

Nih dia bang jago saya atu lagi...(mbari nunjuk P. Pintu 2) Asal tau aja bang, jurus dia jurus Cikuya.. Pagi makan sorenye kaga.. Ehh abang bole percaya bole kaga... Dia matiin orang sehari tiga..

Orang beneran bang ??

Orang-orangan sawah...

Bang,, Kalo jalan ke Senayan... Ati-ati jalannya licin... Daripada hajat lu kaga kesampean.. lu pilih mati apa lu batalin ??

Enak aja maen dibatalin.. gua udah jauh2 ari besiap2 maen dibatalin aja.. Bang.. Atasnya pisang dibawahnye jantung... mentah-mentah saya kelapain... biar kata nih pala kena kemplang kena pentung... Urusan Dia gua belain.. (sambil nunjuk penganten laki)...

Bang.. Tung-tung alang-alang.. Alang-alang empanan kude.. Gua kata mendingan lu pulang bang... Dari pada bini lu jadi jande...

Tang Tang Gulintang.... Awan di atas bulan berkawan bintang... Abang kalo punya mulut jangan suka menantang.. ntar gua tendang jatoh celentang, gua masupin ke kurung batang...

Ehh bang.. mana kulon mana wetan.. rumah panggung biliknye papan... Orang-orang pada keringetan.. lantaran mayat geletak gua punya kekuatan...

Di atas gonggo.. Di bawah gonggo... Ada gonggo item jangan dimatiin... Di situ jago... nih ketemu jago... Nyok kita berantem buat buktiin...

Ciaattttt....

Akhirnya Jago 1 dari pihak lelaki bekelai ngelawan P. Pintu 2 dari Pihak perempuan.. Dan dalam pertandingan kali ini, dimenangkan oleh P. Pintu 2. Jadi sekarang posisinye 1 : 1

Wah sekarang posisinya jadi imbang. Tapi terus terang nih, kumpulan pantun Betawi berantem ini belum selesai. Tapi berhubung postingan ini sudah terasa panjang, biar disambung dipostingan yang berikutnya saja ya. Pastikan Anda melanjutkan Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem ini hingga selesai, biar tidak menyesal. Lajutannya ada di sini ni.
Halaman Selanjutnya:


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantun Adat Betawi Palang Pintu Berantem