Berisi kumpulan pantun cinta, pantun lucu, pantun romantis, pantun nasehat, pantun anak anak, pantun jenaka, pantun gombal, contoh pantun LENGKAP

Sunday, October 29, 2017

Kumpulan atau Koleksi Pantun Nasehat yang sangat menyentuh hati


Kumpulan atau koleksi pantun nasehat yang sangat menyentuh hati- pantun merupakan salah satu bentuk puisi lama yang sudah terkenal hingga ke penjuru Nusantara. Saat ini, pantun sudah diajarkan dari jenjang SD hingga SMA. Semua jenis pantun, mulai dari pantun jenaka, pantun nasehat, pantun cinta, pantun teka-teki membutuhkan kemampuan yang perlu diasah agar dapat membuat jenis pantun tersebut. Dengan menggunakan sebuah pantun, pesan-pesan nasehat atau hanya bahan guyonan akan sampai ke lawan bicara karena dikemas menjadi lebih menarik. Kata yang menjadi suatu isi pembicaraan akan lebih mudah diingat karena dikemas dalam bentuk yang tersusun. Agar lebih memahami lagi tentang pantun, terutama jenis-jenis pantun, berikut akan dijelaskan lebih mendalam.
Kumpulan Pantun Nasehat

Pengertian Pantun

Pantun sebetulnya diambil dari kata “tuntun” yang berarti mengatur, menyusun, atau menuntun. Berdasarkan kata dasar itu, dapat diartikan bahwa pantun merupakan kumpulan kata yang disusun sedemikian rupa (berdasarkan pola tertentu) sehingga kata tersebut menjadi lebih menarik dan enak untuk didengar dan dibaca. Pada awal mulanya, pantun hanya berupa karya sastra yang berbentuk lisan, namun saat ini pantun sering dijumpai dalam bentuk tulisan.

Pantun merupakan jenis puisi lama. Pantun ini sudah sejak lama diunakan oleh orang terdahulu. Pantun memiliki nama tersendiri di setiap bagian Nusantara. Di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, pantun memiliki nama lain yakni parikan, di daerah Jawa Barat (Suku Sunda) dikenal dengan nama paparikan, di daerah Sumatera Barat (Suku Minangkabau) dikenal dengan nama patuntun, serta Suku Batak menyebut pantun dengan sebutan umpasa, serta berbeda lagi di daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Ciri-Ciri Dan Struktur Pantun
Pantun terdiri dari 4 larik atau baris. Baris pertama dan kedua dinamakan sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun. Sampiran dan isi biasanya tidak memiliki hubungan. Dalam 1 baris pantun, memiliki 8-12 suku kata. Pantun memiliki pola a-b-a-b atau pola a-a-a-a. Pantun tidak terdapat nama pengarang, bahkan ketika menulis sebuah pantun, tidak perlu ditulis nama kita sebagai pengarang karena pada dasarnya zaman dahulu, proses penyebaran pantun hanya melalui lisan. Bentuk lain dari pantun yakni karmina dan talibun. Karmina merupakan pantun pendek karena hanya terdiri dari 2 baris saja, sedangkan talibun merupakan pantun panjang karena terdiri dari 6 baris atau lebih.

Manfaat Dan Peran Pantun

Pantun berperan dalam menjaga fungsi kata, sekaligus bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir. Dengan menulis atau mengucapkan pantun, seseorang akan dapat merangkai kata-kata yang bermakna bagi orang lain. Selain itu, pantun akan membuat seseorang lebih kreatif dalam berpikir dan bermain dengan kata. Dengan membuat sebuah pantun, seseorang akan memiliki kesadaran bahwa sebuah kata tidak akan bermakna tanpa dirangkai dengan kata yang lain. Kemampuan itulah yang disebut dengan kemampuan asosiatif dalam merangkai sebuah kata. Selain itu, manfaat pantun yakni mengajarkan seseorang agar sebelum mengatakan isi atau makna dalam perkataannya, dia harus memikirkannya terlebih dahulu. Namun pada dasarnya pantun dibuat untuk alat penguat dalam penyampaian sebuah pesan. Nilai-nilai sosial yang terdapat pada sebuah pantun, akan melahirkan sebuah filosofi tersendiri. Folosofi tersebut bisa saja memberikan nilai-nilai dasar tentang kebudayaan masing-masing daerah, hingga filosofi tentang nilai dasar dalam kehidupan. 

Jenis-Jenis Pantun

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis pantun. Beberapa diantaranya yakni pantun nasehat, pantun jenaka, pantun agama, pantun teka-teki dan pantun cinta. Berikut penjelasan selengkapnya.
  • Pantun nasehat. Sesuai dengan namanya yakni nasehat, merupakan pantun yang memiliki arti memberi nasehat kepada orang lain. Biasanya pantun ini diberikan dari orang tua kepad anaknya, dari orang dewasa kepada orang yang lebih muda. Namun tak jarang pula pantun nasehat digunakan untuk menasehati seseorang yang umurnya sama dengan kita.
  • Pantun jenaka. Pantun jenaka atau pantun lucu ini memiliki pesan atau isi yang cukup menggelitik. Biasanya pantun jenaka ini berfungsi untuk menghibur seseorang. Namun pantun jenaka juga biasanya digunakan untuk menyindir seseorang namun dalam suasana keakraban sehingga tidak akan menimbulkan rasa tersinggung.
  • Pantun agama. Pantun agama hampir sama dengan pantun nasehat, namun pantun agama lebih memberikan nasehat tentang agama, sementara pantun nasehat berisikan nasehat secara umum.
  • Pantun teka-teki. Pantun teka-teki biasanya berisi pantun yang berisi suatu pertanyaan untuk menebak suatu hal atau benda. Dalam pantun ini biasanya juga akan terselip guyonan.
  • Pantun cinta. Pantun ini berisi sebuah rayuan atau ungkapan rasa dari seseorang. Pantun ini biasanya paling banyak digunakan oleh kaum muda untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pasangannya.
Sudah dijelaskan tentang pengertian pantun, ciri-ciri pantun, manfaat dan peran pantun, serta jenis-jenis pantun. Selanjutnya akan dijelaskan terkait dengan kumpulan pantun. Dalam artikel ini akan disebutkan terkait dengan kumpulan atau koleksi pantun nasehat yang sangat menyentuh hati yakni sebagai berikut. 

Kumpulan Atau Koleksi Pantun Nasehat Yang Sangat Menyentuh Hati
Kayu cendana diatas batu
Sudah terikat dibawa pulang
Adat dunia memang begitu
Benda yang buruk memang terbuang
Keluar kapal naik kapal
Warna kuning warna merah
Jadi murid janganlah nakal
Agar ibu guru tidak marah
Buah naga buah salak
Buahnya segar penghilang dahaga
Hormati ibu dan juga bapak
Agar kelak masuk surga
Tari piring tari saman
Tari lilin apinya berkobar
Al-Quran adalah sebuah pedoman
Maka rajinlah engkau belajar
Kancil menulis di daun padi
Ketika matahari telah bersinar
Belajar bukan hanya sekedar pandai
Tapi menjadi pribadi yang benar
Air jeruk dalam kulkas
Makan roti bersama susu
Niatlah belajar dengan ikhlas
Karena hanya Allah yang dituju
Pohon tinggi jatuh membayang
Jalan setapak bersama kawan
Siapa lah yang rajin sembahyang
Dada lapang hati pun riang
Pohon jati tumbuh berjajar
Pandai berpantun orang Sumbar
Kalau kamu malas belajar
Cita-cita takkan terkejar
Lama sudah kita tak bertemu
Bertemu sekali meminum kopi
Jauhkan malas dari hidupmu
Agar hatimu merasa damai
Dayung perahu tujuh haluan
Membawa rook dan juga rempah
Apabila ilmu tidak diamalkan
Ibarat pohon tidak berbuah
Tumbuh subur pohon jambu
Pergi ke pasar membeli daging
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tak punya dinding
Mangga muda dibelah dua
Rupanya manis tak terkira
Dari muda hingga ke tua
Ajaran baik jangan dirubah
Berikut merupakan kumpulan atau koleksi pantun nasehat yang sangat menyentuh hati. Pantun nasehat tersebut bisa digunakan untuk memberikan sebuah nasehat kepada seseorang (teman sebaya), kepada adik, atau kepada anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik dan benar. Kumpulan atau koleksi pantun nasehat yang sangat menyentuh hati tersebut dapat diombinasikan sesuai dengan keinginan penulis, sehingga akan menciptakan jenis pantun nasehat baru yang akan bermanfaat bagi orang lain.
Halaman Selanjutnya:


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan atau Koleksi Pantun Nasehat yang sangat menyentuh hati